19 Orang ahli, mengulas kesalahan terbesar desain situs web rumah liburan.

vacation rental website design

Semakin banyak pemilik rumah liburan (vacation rental) dan host Airbnb seperti Anda yang ingin membuat situs web mereka sendiri, agar tidak terikat dengan perusahaan OTA (online travel agent). Tetapi tidaklah mudah dan banyak kesalahan yang dapat mempengaruhi hasil akhir situs web Anda.

Jadi kami menghubungi 20 ahli dan menanyakan hal sederhana ini: “Apakah kesalahan terbesar desain situs web rumah liburan yang PALING SERING kalian lihat?”.

20_Ahli_01_andrew-mcconnell_Rented

1 – Terlalu menonjolkan fitur daripada manfaat.

Andrew McConnell – Rented.com

  • Terlalu menonjolkan fitur daripada manfaat.
  • Rumah liburan banyak diminati  karena memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan hotel. Coba tonjolkan fasilitas apa saja yang bisa calon tamu Anda nikmati selama menginap.
  • Contoh; apakah mereka dapat menikmati sunrise / sunset dari teras belakang properti Anda?
  • Apakah meja makan yang tersedia cukup besar, sehingga setiap anggota keluarga yang menginap dapat menikmati santapan bersama sama?
  • Apakah perlengkapan dapur cukup lengkap, sehingga calon tamu Anda dapat memasak makanan yang berkualitas?
  • Apakah tempat tidur yang tersedia cukup nyaman untuk mereka?
  • Pikir dan tampilkan dalam situs web Anda tentang apa yang diperlukan tamu, bukan apa yang menurut Anda penting.

2 – Kesalahan terbesar desain situs web rumah liburan yang saya lihat adalah mengabaikan kearifan lokal.

Matt Landau – VacationRentalMarketingBlog.com

Kesalahan terbesar desain situs web rumah liburan yang saya lihat adalah mengabaikan kearifan lokal. Salah satu alasan wisatawan memilih rumah liburan (dibandingkan hotel) adalah “merasakan hidup seperti penduduk setempat.” Dan sebagai tuan rumah, kita juga berperan sebagai pusat informasi: kita tahu restaurant terbaik, perangkap turis apa yang harus dihindari, kapan dan dimana untuk menikmati sunset…. dll.

Jadi selalu mengejutkan bagi saya, sedikit host yang menyediakan dan membagikan informasi berharga tersebut di situs web mereka. Padahal, informasi itu dapat menjadi nilai plus dalam persaingan bisnis. Informasi yang disediakan bisa dalam bentuk blog, ebook gratis, atau bahkan dalam bentuk PDF sederhana.

Mulailah membuat sebuah list yang memuat 20 pertanyaan yang paling sering ditanyakanoleh tamu anda. Kemudian rangkum jawaban dalam bentuk artikel.

3 – Kesalahan terbesar yang saya lihat bukan pada desain melainkan konsep dan strategi.

Alan Egan – BookingsPlus4g.com

Kesalahan terbesar yang saya lihat bukan pada desain melainkan konsep dan strategi. Teknologi semakin berkembang dan ekspektasi tamu semakin tinggi, sedangkan situs rumah liburan yang ada masih itu itu saja. Calon tamu pengguna web menginginkan lebih dari sekadar foto properti dan daftar fasilitas. Mereka ingin tahu pengalaman liburan seperti apa yang akan mereka dapatkan (rekomendasi tempat / ide perjalanan).  Situs web rumah liburan Anda seharusnya menyediakan itu semua.

Saat ini sebagian besar situs web rumah liburan merupakan formalitas bisnis dan kurang menarik bagi calon tamu. Optimalkan situs web Anda, dari sekedar tempat menampilkan produk menjadi situs informasi liburan yang menarik.

Desain memang penting, namun pastikan anda memiliki konsep dan strategi yang kuat.

Anda dapat melihat contohnya disini

Untuk mengetahui bagaimana cara mebuat situs liburan, lihat

4 – Kesalahan paling umum yang saya lihat adalah tidak tersedianya halaman ‘Tentang Kami’.

Damian Sheridan – NeedMoreRentals.com

Meskipun banyak elemen penting yang sering terlewatkan di situs web rumah liburan (misalnya foto profesional, testimonial tamu, sorotan lokal, USPS, maupun ajakan bertindak / call to action), kesalahan paling umum yang saya lihat adalah tidak tersedianya halaman ‘Tentang Kami’.

Begitu banyak situs yang pernah saya ulas memiliki halaman ‘Hubungi Kami’ dengan template terlalu sederhana. Tidak menginformasikan tentang pemilik / host, alamat email, atau bahkan nomor telepon.

Apakah Anda benar-benar ingin tampil anonim sepenuhnya?

Informasikan kepada calon tamu tentang siapa Anda dan pengalaman apa yang akan mereka dapatkan jika tinggal di properti Anda. Lebih baik lagi jika anda memajang foto diri untuk menambah tingkat kepercayaan calon tamu yang akan menginap.

Halaman ‘Tentang Kami’ dapat memberikan perbedaan yang significant?

5 – Sekedar memiliki situs web tidaklah cukup!

Richard Vaughton – DiscoveryHolidayHomes.com

Situs web terbagi dalam beberapa kategori dan bergantung pada cara pendekatan pemilik atau pengelola, tujuan, dan metode pemesanan yang disukai. Tiap situs web memiliki keunikan masing masing.

Ada banyak rekomendasi desain yang menarik dan mencakup aspek-aspek diatas. Tetapi  kemudahan dalam menggunakan situs web lah yang menjadi bahan pertimbangan penting, calon tamu Anda.

Terlepas dari kualitas foto dan informasi mengenai properti, ada beberapa hal lain yang perlu anda tambahkan:

  • Keuntungan yang didapat jika memesan langsung dari situs web Anda.
  • Garansi keamanan bertransaksi dan metode pembayaran melalui kartu kredit di dalam situs web Anda.
  • Halaman “tentang kami” atau “temui pemilik” dalam situs web Anda.
  • Menampilkan nomor telepon di tempat yang mudah dilihat. Hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan calon tamu kepada Anda.
  • Metode pembayaran secara real time sangatlah penting di era teknologi sekarang. Pastikan Anda memilikinya.

Sekedar memiliki situs web tidaklah cukup!

Anda juga harus bisa mengoptimalkan potensinya.

6 – Kesalahan terbesar adalah tidak memiliki situs web!

Beth Carson – BethCarson.com

Saya senang melihat banyak pemilik rumah liburan menjadikan properti mereka sebagai bisnis utama. Dan memiliki situs web adalah wajib!

Langkah berikutnya adalah memiliki Blog! Fungsikan blog Anda sebaik mungkin. Bagilah informasi penting mengenai area sekitar properti Anda. Seperti; Restaurant terbaik, pantai terindah, tempat mendaki, dan hal menarik lainnya. Cara ini dapat membantu situs web Anda naik ke peringkat atas mesin pencari. Cobalah mulai dengan menulis 1 artikel dalam seminggu. Anda pasti bisa!

Fungsikan Youtube! Platform video ini juga bisa membantu untuk mempromosikan rumah liburan anda secara visual. Cobalah bereksperimen hingga Anda menemukan formula story telling yang sesuai karakter properti Anda.

Pelajari langkah langkah membuat video dari buku yang saya terbitkan. Berjudul; Money Making Vacation Rentals- Expanded Edition- With Online Resources.

7 – Tidak menampilkan bio Anda.

Andy McNulty – GuestHook.com

Industri rumah liburan berkembang sangat pesat. Banyak situs web bermunculan namun seringkali tidak menampilkan halaman bio.

Kita semua pernah mendengar “People do business with people.” Industri ini pun tidak terlepas dari fakta tersebut. Ini memang terdengar remeh, namun detail inilah yang membedakan Anda dari situs web sejenis.

8 – Situs web sewa villa yang masih menampilkan foto berkualitas rendah.

Mads Rode – Vilondo.com

Satu hal yang terus mengejutkan saya adalah banyaknya situs web sewa villa yang masih menampilkan foto berkualitas rendah. Menurut saya, foto adalah elemen terpenting di situs sewa villa, jika menginginkan properti Anda tampil menonjol.

Disisi lain, beberapa situs web mengambil resiko yang berlebihan. Mereka memuat foto dengan ukuran yang terlalu besar, tanpa pengoptimalan apa pun. Menyebabkan halaman situs web mereka menjadi lambat.

Selain itu Anda juga harus memastikan kualitas dan ukuran foto, ideal untuk tampilan perangkat seluler.

Mads Rode – Co founder of Vilondo Villas in Bali

9 – Banyak properti premium yang mengabaikan desain tampilan situs web.

Matt Heady – Very.us

Banyak properti premium yang mengabaikan desain tampilan situs web untuk menghemat biaya.

Sebaiknya pemilik / host mempertanyakan kembali sikap acuh tersebut. Karena desain tampilan situs web yang unik yang membedakan property mereka dari pesaing bisnis.

10 – Konten yang berantakan dan kurangnya informasi yang tersedia.

Antonio Bortolotti – VacationRentalWorldSummit.com

  • Kualitas fotografi yang buruk
  • Konten yang Berantakan
  • Kurangnya Informasi penting yang tersedia
  • Kurang Proaktif (dalam mempermudah pengunjung situs)
  • Isi yang kurang menarik
  • Navigasi yang Sulit
  • Kurang memaksimalkan penggunaan kata kunci yang ada.

Dan masih banyak lagi yang akan saya bahas secara pribadi pada sesi saya di Desain Web di Vacation Rental World Summit tahun ini.

11 – Hanya fokus pada properti dan mengabaikan kearifan lokal.

Louise Brace – Rentaltonic.com

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh banyak pemilik dan agen rumah liburan adalah hanya fokus pada properti dan mengabaikan kearifan lokal, lokasi, budaya dan kegiatan penduduk setempat. Semua hal yang dicari para wisatawan sebelum mereka menentukan akomodasi.

Pemilik properti cerdas adalah yang bisa menarik perhatian wisatawan di tahap perencanaan. Sebelum mereka memutuskan untuk memesan.

12 – Foto utama yang ditampilkan tidak berkarakter.

Mercedes Brennan – 1ChicRetreat.com

Kesalahan terbesar yang saya lihat  (dan terlalu sering ) adalah foto utama yang ditampilkan tidak berkarakter. Tidak peduli seberapa keren sebuah situs web, calon tamu tidak akan memesan rumah liburan jika kamarnya biasa-biasa saja. Jika Anda memiliki anggaran, optimalkan waktu dan uang untuk mendekorasi tiap ruangan. Poleslah sehingga menjadi luar biasa untuk ditampilkan di galeri situs web. Ruangan yang menarik akan meninggalkan kesan baik dan kemungkinan besar akan dipesan. 

Ruangan lain bisa di dekorasi secara bertahap untuk alasan yang sama.

13 – Satu kata: Fotografi.

Alanna Schroeder – TheDistinguishedGuest.com

“Satu kata: Fotografi. Anda membuat kesalahan desain jika Anda tidak menampilkan foto berkualitas dan indah yang memperlihatkan lokasi sekitar properti Anda.”

14 – Mobile-friendly adalah wajib!

Naveen Sharma – Lodgify.com

Saya sering menjumpai desain situs web yang belum mobile-friendly. Hal itu cukup membuat saya frustasi.

Saya yakin saya bukan satu satunya yang merasa demikian. Menurut survey dari Criteo, pemesanan liburan melalui perangkat seluler (pemesanan hotel, tiket pesawat, dan rumah liburan) meningkat sebesar 20% pada tahun 2014. Oleh karena itu adaptasi situs web di perangkat seluler sangat penting untuk bisnis Anda.

Beberapa waktu lalu Google mengumumkan bahwa mereka memodifikasi algoritma penelusuran di perangkat seluler agar hanya menampilkan situs yang sudah mobile-friendly. Intinya: Menjadi mobile-friendly adalah wajib bagi pemilik rumah liburan. Untungnya ada solusi terjangkau yang tersedia saat ini, seperti Lodgify, yang menawarkan template situs web rumah liburan yang ramah dan responsif untuk perangkat seluler.

15 – Kepribadian. Keaslian. Karakter.

Amy Blomquist – WhereWaterfalls.com

Itu yang membuat saya tertarik dan berharap situs situs rumah liburan mengaplikasikan ini. Coba jawab pertanyaan ini;

  • Siapakah yang akan menyewa rumah liburan Anda?
  • Pengalaman seperti apakah yang akan tamu anda peroleh?
  • Apa yang membuat tempat Anda istimewa?

Poin poin diatas yang sering terlewatkan di situs web rumah liburan.

Tentukan karakter properti Anda dan Jadilah dirimu sendiri.

16 – Tidak responsif dan sulit melakukan pemesanan secara langsung.

Eric Mason – RateClarity.com

Tidak responsif dan sulit melakukan pemesanan secara langsung.

Tidak menampilkan nomor telepon yang mudah dihubungi.

17 – Mengabaikan pentingnya membangun kredibilitas agar mendapat kepercayaan dari calon tamu yang akan memesan.

Jonathan Fabio – FutureStay.com

Kesalahan terbesar yang saya lihat dalam desain situs web rumah liburan adalah tidak menyadari pentingnya membangun kredibilitas agar mendapat kepercayaan dari calon tamu yang akan memesan.

Banyak situs web yang tidak memperkenalkan pemilik atau pengelola rumah liburan (bio). Tidak aktif dalam menanggapi social media ataupun ulasan. Padahal membangun kredibilitas dapat meyakinkan calon tamu yang akan memesan.

18 – Menggunakan foto yang belum dioptimalkan untuk tampilan situs web, yang akhirnya berdampak buruk.

Tyann Marcink – TyannMarcink.com

Menggunakan foto berkualitas adalah wajib, tetapi menggunakan foto yang belum dioptimalkan untuk tampilan situs web justru akan berdampak buruk pada situs web  Anda.

Optimalkan dan sesuaikan ukuran semua foto yang akan diunggah ke situs web Anda. Agar terlihat sempurna dari komputer ataupun perangkat seluler sehingga tidak memberatkan kinerja situs web Anda.

19 – Kesan pertama itu penting. Pastikan calon tamu Anda terpukau!

Sébastien Grosjean – BookingSync.com

  • Melupakan detail penting
    Banyak pemilik situs web lupa menyebutkan lokasi properti dan tidak mencantumkan apa yang membuat mereka spesial.
  • Navigasi yang buruk
    Tidak ada ajakan bertindak yang jelas (“Pesan Sekarang”, “Detail Lebih Lanjut” tentang Properti X, …), tampilan dengan kontras rendah atau terlalu berlebihan.
  • Ketinggalan jaman
    Selalu perbaharui konten Anda. Dimulai dari kalender ketersediaan kamar dan tarif terbaru. Perbaharui juga desain situs agar selalu mengikuti trend.

Situs web Anda adalah kesan pertama yang Anda berikan kepada wisatawan, pastikan mereka terpukau!

Banyak dari ahli diatas beranggapan bahwa situs web Anda wajib menampilkan foto berkualitas tinggi. Beberapa dari mereka juga bersikeras agar Anda menampilkan bio agar dapat membangun kepercayaan dari calon tamu. Serta pastikan juga situs web Anda mobile-friendly dan responsif.

Menurut Anda bagaimana cara menghindari kesalahan dalam desain web rumah liburan?
Jangan ragu untuk membagi tip Anda di kolom komentar.